Android 10 akan Meluncur Awal September, Sistem Penamaannya Diganti

0
211
Android 10 Ten
Ilustrasi: Android 10 (Ten). (Mashable.com)

Teklab.id – Nama Android versi terbaru sudah muncul. Google pun sudah memastikan bahwa OS Android akan rilis pada musim gugur tahun ini, yakni sekitar awal September mendatang. Versi terbaru perangkat lunak ini bernama Android 10 (Ten).

Android 10 ini memecahkan 10 tahun sejarah penamaan Android. Pasalnya, sistem operasi ini terkenal dengan nama hidangan penutup atau kudapan manis, seperti Gingerbread, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, Marshmellow, Oreo, Pie, dan masih banyak lagi.

Kini penamaan Android yang tidak lagi menggunakan nama kudapan dan alfabet. Alasannya, menurut Google, penamaan jajanan manis dengan urutan alfabet merupakan tradisi kuno yang perlu dimusnahkan. Di samping nama baru, ada juga logo yang diperbarui untuk Android teranyar ini.

Direktur Merek Global untuk Android, Aude Gandon mengaku memiliki tanda kata yang lebih modern. Terpenting karakter tetap sama yakni robot hijau kecil. “Robot itulah yang membuat Android istimewa. Itu menjadikannya manusia, menyenangkan, dan mudah didekati,” kata Gandon.

Sementara dikutip dari TheVerge, Selasa (27/8), VP Manajemen Produk untuk Android, Sameer Samat, menyebut sangat nyaman dengan keputusan Google untuk mengganti skema penamaan. “Kami akan berurusan dengan skeptisisme itu,” katanya.

Menurut dia, alasan sebenarnya Google mengganti nama Android bukan karena Q itu sulit, tetapi karena makanan penutup tidak terlalu inklusif. “Kami memiliki beberapa nama yang baik, tetapi dalam setiap kasus mereka justru meninggalkan itu,” ungkapnya.

Selain itu, Android juga sudah menjadi merek global. Malahan sistem operasi ini lebih banyak digunakan di India dan Brasil ketimbang di Amerika Serikat (AS). Jadi menggunakan kata bahasa Inggris untuk hidangan penutup membuat beberapa daerah pasarnya menjadi bingung.

“Pie tidak selalu menjadi makanan penutup, lollipop mungkin sulit diucapkan di beberapa daerah, dan marshmallow tidak benar-benar memiliki arti sama di banyak tempat. Namun dengan penamaan angka, setidaknya, bersifat universal,” jelasnya.

Sementara dikutip dari PhoneArena yang dikonfirmasi langsung oleh staf Google Support menyebut bahwa Android 10 akan meluncur ke pengguna pada 3 September mendatang. Namun, tidak semua smartphone Android akan mendapatkan update OS Android 10 pada tanggal tersebut. Hal ini tentunya akan disebar secara bertahap.

“Saya ingin menginformasikan bahwa Android 10 bakal diluncurkan ke perangkat pada 3 September 2019,” kata seorang agen Google Support.