Qualcomm Segera Rilis Chipset Khusus untuk Smartphone 5G Murah

0
178
Chipset Qualcomm
Ilustrasi: Chipset Qualcomm khusus untuk Smartphone 5G Murah. (Qualcomm)

Teklab.id – Penetrasi perangkat smartphone 5G masih sangat terbatas sekarang ini. Betapa tidak, kehadiran ponsel termutakhir itu hanya pada perangkat flagship saja lantaran chipset yang mendukung 5G juga masih kategori kelas atas. Namun ke depan, teknologi 5G untuk konsumen, dalam hal ini smartphone 5G, tampaknya akan semakin murah.

Dikutip dari laman resminya, Qualcomm akan merilis chipset Snapdragon seri 600 dan 700 dengan terintegrasi 5G. Diketahui, Snapdragon seri 600 dan 700 tersebut merupakan chipset kelas menengah yang biasa hadir pada smartphone dengan harga terjangkau.

Qualcomm memungkinkan teknologi 5G hadir pada perangkat ponsel terjangkau. Pengumuman terungkap saat pameran teknologi konsumen, IFA di Berlin, Jerman, beberapa waktu lalu. Di sana, Qualcomm menyampaikan bahwa chipset kelas menengah Snapdragon 600 dan seri 700 mendatang akan menampilkan modem 5G terintegrasi.

Inovasi ini tentu menjadi ‘masalah besar’ bukan hanya Qualcomm tetapi juga untuk seluruh industri seluler. Chipset Qualcomm memberi daya pada mayoritas smartphone di dunia saat ini. Jika chip 5G yang terjangkau tersedia untuk pabrikan, kita bisa melihat dorongan luar biasa dalam adopsi teknologi baru tersebut.

Qualcomm bahkan mengaku sudah melakukan pembicaraan dengan setidaknya 12 vendor smartphone berbeda, seperti Oppo, Realme, Vivo, Redmi, Motorola, LG, dan HMD Global (Nokia). Kemungkinan kedua ponsel HMD Global 5G yang akan datang akan memiliki chipset seri 700 ini.

Chip ini sudah terwujud dalam sampel dan smartphone Seri 5 Snapdragon 700 5G terintegrasi pertama dan akan meluncur akhir tahun ini. Sedangkan untuk smartphone dengan seri Snapdragon 600 yang menampilkan dukungan 5G, tampaknya harus menunggu hingga paruh kedua 2020.

Perlu diketahui juga bahwa Samsung sudah mengincar pasar kelas menengah 5G dengan chipset Exynos 980 baru yang dilengkapi dengan modem 5G terintegrasi. Begitu pun Huawei yang bakal menghadirkan chip 5G terintegrasi, Kirin 990 5G.